1. Home
  2. travel
  3. &
  4. kuliner
  5. Sensasi Staycation di Djojosoewito Homestay Jogja, Ada Susur Sungai dan Jemparingan!

Sensasi Staycation di Djojosoewito Homestay Jogja, Ada Susur Sungai dan Jemparingan!

0
0

Indotnesia, YOGYAKARTA – Pandemi bikin perubahan drastis pada setiap lini kehidupan masyarakat, termasuk rekreasi.

Istilah “staycation” pun dipakai untuk tetap bisa piknik di kala pandemi. Staycation, gabungan dari kata dalam Bahasa Inggris “Stay” dan “Vacation”, menjadi salah satu cara refreshing  di kala pandemi, meski cuma sekadar menginap di hotel atau homestay.

Sebagai surganya wisata, Yogyakarta punya banyak pilihan penginapan. Kali ini, tim indotnesia staycation di Djojosoewito Homestay.

Terletak di Gang Kenanga, Jalan Kembaran RT 2, Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Djojosoewito Homestay menawarkan sensasi menginap ala zaman Majapahit, tapi dengan sentuhan modern.

Akses ke sini masih bisa dilewati mobil ukuran sedang, dan tersedia halaman parkir yang luas untuk menampung kendaraan. Sebelum masuk ke lobi, jangan lupa untuk mencuci tangan dulu ya.

Kesan pertama yang menonjol dari penginapan ini adalah kesederhanaan, seperti berada di rumah mbah kakung dan mbah putri. Dinding batu bata merah dengan jendela dan pintu kayu membuat kesan jadulnya makin kuat.

Banyak pohon dan tanaman hijau yang bikin suasana adem. Untuk kamarnya, tim Indotnesia memilih Kamar Djojo 2 yang berisi dua kasur tipe single, kamar mandi dalam, dan dapur mini dengan wastafel.

Sebagai catatan, di sini enggak menyediakan kamar ber-AC ya, hanya kipas angin. Tapi, jangan khawatir karena udara di sini lumayan sejuk, jadi nggak perlu pendingin ruangan.

Menariknya, pihak homestay akan menyediakan aneka jajanan pasar kalau kita menginap lebih dari dua malam.

Selain penginapan, ternyata ada kegiatan asyik lainnya yang ditawarkan lho, seperti paket wisata outbond, birdwatching, menanam pohon, susur sungai dengan perahu, dan seni panah tradisional atau jemparingan.

Susur Sungai

Sebelum menyusuri Sungai Konteng, kita wajib pakai jaket pelampung ya. Dengan menumpang perahu karet, pengunjung bakal disuguhkan pemandangan ala Sungai Amazon.

Nikmatnya melihat pohon-pohon dengan sulur yang bergelantungan, mendengar suara arus sungai dan nyanyian burung, serta menatap sinar sang surya yang menembus celah ranting pohon.

Pokoknya, indah banget deh.

Jemparingan

Namanya memang terkesan asing, tapi kegiatan ini sama sekali enggak asing kok. Jemparingan atau seni panah tradisional juga ditawarkan oleh Djojosoewito Homestay untuk para tamunya.

Belum pernah memanah? Nggak usah bingung. Pengunjung akan dibimbing langsung oleh pelatih dari Paguyuban Panahan Tirto Kembaran.

Kegiatan lain

Djojosoewito Homestay juga menawarkan aktivitas lain yang sayang untuk dilewatkan, seperti kursus membatik, bird watching, kayak, trekking, cycling, camping, eco-printing, membaca di perpustakaan, dan storytelling.

Warga setempat juga terlibat dalam pengelolaan fasilitas tersebut karena rencananya lokasi itu akan dijadikan desa wisata bernama Kembaran Ekowisata.

So, nggak usah jauh-jauh buat piknik. Staycation ke penginapan unik bisa jadi pelepas kejenuhan di masa yang penuh ketidakpastian ini.

Asy Syaffa Nada biasa dipanggil Syafa. Selain suka menulis, dia juga hobi gambar yang lucu-lucu. Kalau mau kenalan atau lihat koleksi gambarnya bisa cek @dudelthings