1. Home
  2. gaya
  3. hidup
  4. Prospek Bisnis: Buru Cuan dari Si Tanaman Kerdil, Bonsai

Prospek Bisnis: Buru Cuan dari Si Tanaman Kerdil, Bonsai

0
0

Indotnesia, KEDIRI – Biar kecil, tetapi begitu menarik. Siapa sih yang nggak tahu si tanaman kerdil bonsai? 

Bonsai berasal dari bahasa Jepang sai yang berarti ‘penanaman’ dan bon yang berarti ‘dilakukan di pot dangkal’. Jadi, bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membentuk miniatur dari bentuk asli pohon besar.

Bermodalkan ketelatenan dan kreativitas, harga tanaman bonsai bisa menembus ratusan juta lho tergantung tingkat keunikannya. Jadi, menarik banget nih buat kalian yang ingin mencoba berburu cuan dari rumah.

Mau tahu kenapa tanaman bonsai bisa mahal?

Faktor utama adalah pembentukannya. Seni pembentukkan bonsai memang cukup rumit. Mulai dari mendesain bentuk bonsai seunik mungkin, kemudian mempraktikkannya langsung pada tanaman yang telah kita pilih, seperti beringin, cemara, asam jawa, bugenvil, dan lainnya.

Langkah Pembentukan Bonsai

Teknik pembentukan bonsai diawali dengan pemotongan dan pemangkasan. Kita memilih sebagian ranting dari pohon aslinya untuk dicangkok dan  dijadikan bonsai. Lalu, jika sudah selesai dicangkok, tanamlah pada media tanam dan rawat sampai siap dibentuk.

Berikut sejumlah langkah membentuk bonsai yang butuh tingkat kreativitas:

  • Mula-mula siapkan kawat stainless steel.
  • Lalu, pangkas daun dan akar pada tanaman. 
  • Membentuk tanaman dengan cara melilitkan dari mulai bonggol, ranting-ranting kecil, dan dahan sesuai dengan desain yang sudah dibuat. 
  • Terakhir, memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar dan melakukan perawatan, seperti memberi pupuk.

Selain pembentukannya, alasan lain kenapa harga bonsai bisa melambung tinggi, yaitu keindahannya. Tanaman bonsai yang kecil dan unik akan menciptakan kecantikan tersendiri, apalagi bagi para pecinta tanaman dan miniatur pemandangan. 

Selain itu, bonsai juga dapat dijadikan sebagai penghias rumah dan membuat udara menjadi sehat dan segar. 

Pemasaran Bonsai

Bonsai biasanya dipasarkan melalui pameran tanaman hias atau kontes bonsai. Selain itu, bisa juga kalian pasarkan melalui media sosial karena akan lebih efektif dan mudah ditemukan. Apalagi, penggemar bonsai bukan hanya ibu rumah tangga yang suka menghias taman saja, tetapi dari semua kalangan dan dari mancanegara.

Semakin kerdil dan semakin unik tanaman bonsai yang kita punya, maka itu lah yang paling sering dicari dan dilirik oleh para pecinta bonsai. Jadi, buatlah bonsai kalian seunik dan semenarik mungkin.

Prospek ini bisa dijadikan bisnis serius, atau juga menjadi sambilan di waktu luang. Bonsai yang unik bagaikan primadona. Jadi, berapa pun harganya, kalau sudah jatuh cinta sama si primadona bakalan dibeli deh.

Buat kalian yang memiliki ketelatenan dalam merawat tanaman, boleh dicoba nih seni pembentukkan tanaman bonsai.  Mungkin saja, bonsai kalian menjadi salah satu yang berharga mahal.

Dwi Wulandari Memiliki berjuta ide cerita yang siap dituangkan kapanpun dibutuhkan. Suka tertawa lepas dan seringkali receh tanpa sebab.